Timnas U23 Berlatih di Akademi Barcelona, Efektifkah?

Rabu, 03 Oktober 2012

Berbagi Artikel :
Akademi Barcelona, La Masia

Rencana PSSI untuk melakukan pemusatan latihan (TC) Timnas Nasional Indonesia U23 di Akademi Barcelona selama setahun seperti tidak belajar dari kegagalan program serupa yang telah dilakukan kepengurusan PSSI sebelumnya. Seperti kita ketahui, sudah banyak Indonesia melakukan program pemusatan latihan di luar negeri namun baik terbentuknya Timnas yang kuat maupun gelar juara yang diharapkan belum ada hasilnya.

Sebelumnya ada PSSI Garuda yang melakukan pemusatan latihan di Brazil era 80an, Program Baretti dan Primavera, Program SAD Indonesia di Uruguay dan ada juga program pemusatan latihan di Belanda untuk Asian Games 2006 selama 6 bulan dibawah pelatih Foppe De Haan. Semua program tersebut tidak membuahkan hasil yang diharapkan.

Akademi Nusantara
Sebenarnya PSSI memiliki program yang lebih baik untuk segera dijalankan dan dikembangkan yaitu Akademi Nusantara. Yup, akademi nusantara merupakan pusat pelatihan Tim Nasional Indonesia dari berbagai jenjang umur. Rencananya akan dipersiapkan di 6 kota yaitu PADANG, BANDUNG, MALANG, BALIKPAPAN, MAKASSAR dan MANOKWARI. Awalnya akademi ini akan beroperasi pada Juni 2012 namun karena ketiadaan dana maka program ini masih belum berjalan dan terhambat.

Uang sebesar 30 milyar yang dikucurkan pihak swasta untuk pemusatan latihan Timnas U23 di Barcelona alangkah baiknya untuk membiayai Akademi Nusantara agar dapat menghasilkan Tim Nasional Indonesia yang kuat dari berbagai jenjang umur.

Semoga PSSI dapat lebih memperhatikan aspek dari seluruh Pembinaan Usia Dini seperti sistem pembinaan, kompetisi usia dini, dan lain-lain. Sejatinya untuk menghasilkan Tim Nasional Indonesia yang kuat dan berprestasi diperlukan pembinaan usia dini yang tertata rapi dan berkonsep. 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Terima kasih telah berkunjung, Punya pertanyaan ? Kirim ke : sepakbolaindonesiakita@gmail.com.
Tinggalkanlah pesan di bawah ini. Terima kasih dan Nikmatilah hidup ini...

0 comments:

Posting Komentar