Pentingkan Fisik dan Postur dalam Seleksi Timnas Usia Muda

Selasa, 09 Juli 2013

Berbagi Artikel :
Menurut pengamat sepak bola nasional, Apep Agustiawan, ke depannya dalam sistem seleksi tim nasional Indonesia untuk usia muda, diharapkan lebih mengedepankan fisik dan postur tubuh dan tidak hanya menekankan pada teknik permainan saja. Menurutnya, kualitas fisik, postur dan mental begitu penting dalam menunjang permainan. Ia memberi contoh apa yang terjadi pada seleksi tim nasional Indonesia U14 yang ikut dalam kualifikasi Piala AFC U14 di Myanmar pada Mei lalu. 

Pentingkan Fisik dan Postur dalam Seleksi Timnas Usia Muda

"Ketika itu, saya benar-benar memperhatikan proses seleksinya. Sehingga, terlihat sekali jika terdapat lima pemain yang lolos seleksi posturnya cukup kecil walaupun lolos karena permainannya. Hal tersebut, tentunya membuat Indonesia kesulitan bersaing, setidaknya dengan pemain dari Thailand dan Singapura yang memiliki postur tubuh dan fisik lebih baik," beber Apep.

"Ke depannya, seleksi pemain usia muda harus memperhatikan fisik dan postur tubuhnya. Dengan memiliki postur yang sama dengan pemain lawan, mental pemain Indonesia dipastikan tidak drop saat bertanding," sambung Apep.

Pelatih Timnas U14, Mundari Karya pun membenarkan hal tersebut. Ini terbukti ketika Indonesia U14 kalah telak oleh Thailand dengan skor 6-2, di laga perdana kualifikasi Piala AFC 2013, Grup F, di Stadion Zeyar Thiri, Myanmar. Mundari mengatakan jika anak asuhnya mengalami tekanan hebat karena pemain Thailand memiliki postur tubuh yang lebih besar.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Terima kasih telah berkunjung, Punya pertanyaan ? Kirim ke : sepakbolaindonesiakita@gmail.com.
Tinggalkanlah pesan di bawah ini. Terima kasih dan Nikmatilah hidup ini...

0 comments:

Posting Komentar